Senin, 06 Oktober 2014

Manfaat Olahraga Untuk Kesehatan Mental

Olahraga Meningkatkan Kesehatan Mental

Melakukan olahraga punya beragam manfaat, baik untuk kesehatan fisik, menjaga tubuh tetap bugar dan bahkan bermanfaat untuk kepribadian Anda jadi lebih baik. Ternyata sudah ada beragam penelitian yang membuktikan manfaat yang satu ini. Berikut ini penjelasan mengapa olahraga dianggap baik untuk kesehatan mental Anda, dikutip dari beragam sumber.

1. Menjadi Pemimpin yang Baik

Ternyata rajin berolahraga dapat membantu Anda mengembangkan kualitas kemimpinan yang Anda miliki, sekaligus dapat membangkitkan semangat kerja dalam tim. Hal ini terjadi karena olahraga adalah aktivitas yang menuntut kedisiplinan, kemampuan bekerja bersama kelompok, ketegasan dan keinginan berkompetensi karena rasa takut untuk gagal.

2. Lebih Mampu Menghadapi Kegagalan

Kembali pada poin pertama, olahraga memacu seseorang untuk berkompetensi dan membantu Anda menghadapi kesuksesan maupun kegagalan dalam hidup dengan menjalaninya menggunakan pandangan yang positif. Anda akan belajar bagaimana rasanya mengatasi tekanan dan berusaha untuk memberikan yang terbaik dalam keadaan apapun.

3. Lebih Mudah Bersosialisasi

Beragam jenis olahraga seperti sepak bola, basket, estafet, voli dapat membantu Anda untuk lebih meningkatkan kemampuan sosial Anda. Dengan begini Anda belajar untuk berinteraksi dengan banyak orang, berkomunikasi dengan orang lain dan berkolaborasi sebagai tim.

4. Dapat Kerja Berkelompok

Setiap pekerjaan biasanya membutuhkan kemampuan untuk bekerja kelompok, dengan berolahraga kemampuan Anda bekerja kelompok akan meningkat. Karena terbentuknya pemikiran kolektif serta meningkatkan kemampuan perencanaan serta delegasi dalam mengerjakan tugas berkelompok. Bagi Anda yang bekerja sebagai manajer, supervisor, managing editor atau profesi lainnya yang memiliki banyak anak buah, hal ini akan sangat bermanfaat untuk pekerjaan Anda.

5. Meningkatkan Potensi Diri

Olahraga memiliki banyak aturan dan ketentuan, untuk itu seseorang jadi dapat mengembangkan pribadi positif mereka. Olahraga hampir mirip dengan situasi sebenarnya dalam kehidupan nyata kita, sehingga tak heran manfaat olahraga dapat dengan mudah diserap dengan diri Anda. Olahraga juga mampu membuat Anda mengeluarkan seluruh kemampuan diri, yang bahkan tidak Anda sadari sebelumnya.

6. Kepercayaan Diri Meningkat

Lewat olahraga, Anda bisa belajar menerima kesuksesan dan kegagalan untuk menjadi orang yang lebih baik lagi di ke depannya nanti. Dengan demikian Anda jadi memiliki penghargaan terhadap diri sendiri dan membangun kepercayaan diri. Sehingga tak heran jika olahragawan biasanya memiliki kepercayaan diri yang cukup baik.

7. Lebih Disiplin

Olahraga membuat kita dapat mengatur waktu dan sangat disiplin. Hal ini dapat Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari Anda. Karena lewat olahraga Anda jadi mampu meningkatkan kemampuan untuk menyiapkan, membuat jadwal dan menempatkan prioritas yang tepat dalam segala hal dalam kehidupan nyata.

8. Meredakan Stress

Tahukah Anda berolahraga memicu keluarnya hormon endorphin yang merupakan hormone kebahagiaan. Hal ini terjadi tiap kali Anda usai berolahraga. Anda pun terhindar dari segala macam stress yang melanda di pekerjaan. Hal lainnya yang ditemukan oleh para ilmuwan adalah neurotransmitter yang terdapat dalam sel-sel otak terstimulasi ketika Anda berolahraga hal ini dipercaya meredakan emosi negative dan meningkatkan mood.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar