Minggu, 12 Oktober 2014

Fakta dan Sejarah Celana Jeans

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan celana jeans, kan? Celana yang tadinya hanya diperuntukkan bagi laki-laki ini, kini justru merambah dunia fashion wanita. Bahkan pada jaman sekarang semua orang memiliki celana jeans di lemari pakaiannya. Dengan berbagai warna dan bentuk celana jeans menjadi pelengkap fashion jaman sekarang dan disukai oleh orang tua maupun muda. Tapi, tahukah kamu kalau ada fakta unik dan menarik di balik celana jeans ini.

1. Mesin Cuci Bikin Rusak

Pada dasarnya, celana jeans memang tidak boleh dicuci dengan menggunakan mesin cuci dan detergen karena kedua hal tersebut akan membuat celana tersebut cepat rusak. Celana jeans biasanya hanya direndam di dalam air setelah satu bulan digunakan. Jadi, gak masalah kan kalau kamu pakai celana jeans selama sebulan?

2. Tenda dan Tambang Emas

Hasil kerja kerja Levi Strauss menjual celana jeans berupa sebuah tenda yang terbuat dari bahan kanvas. Namun, Strauss kembali membuat celana dari bahan tersebut dan dijual kepada paa pekerja tambang emas. Karena bahannya yang tahan lama, maka celana itu pun kemudian menjadi suatu kebutuhan sandang di kalangan pekerja pertambangan.

3. Ultah Blue Jeans

Setiap momen tentu akan ada perayaannya, termasuk celana paling legendaris yang satu ini. Tanggal 20 Mei diklaim sebagai “Blue Jeans Day” atau Hari Blue Jeans. Jadi, jangan lewatkan tanggal yang satu ini untuk pakai jeans kesukaanmu, ya!

4. Celana Levi’s

Merk celana jeans yang terkenal ini berasal dari nama seorang pedagang kelontong asal Jerman yang menjual celana jeans dengan nama Levis. Perusahaan yang didirikan tahun 1853 ini mengembangkan usahanya di bidang konveksi celana sampai akhirnya bisa sampai pada tahap seperti sekarang ini.

5. Jeans dan Angkatan Laut

Celana yang dibuat pertama kali pada tahun 1560 di Eropa ini dinamakan “jeans” berkat seorang pelaut bernama Genoese yang menggunakan kain katun biru dengan campuran wol dan linen, sedangkan kata “denim” sebagai padanannya diambil dari Bahasa Perancis yang merujuk pada sebuah kota bernama De Nimes.

6. Jeans dan Perang Dunia II

Saat Perang Dunia kedua, orang-orang banyak memakai celana jeans dengan sebutan overall. Para penjual celana jeans memperoleh keuntungan yang besar berkat para tentara Amerika yang memperkenalkan celana ini kepada publik saat mereka tidak sedang bertugas.

7. Pundi Emas di Saku Celana Jeans

Tahukah kamu kalau saku kecil yang terdapat di bagian kanan atau kiri celana jeans pada awalnya dibuat bukan untuk kebutuhan fashion, melainkan untuk kebutuhan penyimpanan emas. Para penambang emas di California biasanya akan menyimpan emas berukuran kecil di dalam saku mini tersebut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar