Sabtu, 18 Oktober 2014

Cara Memanjakan Diri Di Hari Minggu

Menghadapi hari, minggu, atau bulan yang penuh dengan jadwal yang padat dan melelahkan? Jangan mau ‘dikalahkan’ dengan rasa lelah, waktunya memberikan relaksasi pada diri sendiri dan kembali bersemangat. Dan hanya butuh waktu 5 menit untuk mewujudkannya.



1. Nikmati ‘sentuhan’ manis dari dark chocolate.

Apa yang akan terjadi ketika kita stres dan menghadapinya dengan menikmati sebatang dark chocolate? Cokelat pekat ini akan memberikan rasa tenang dan rileks, itu mengapa jangan pernah jauhkan camilan ini dari meja kerja. Dan untuk memberikan ketenangan yang sempurna, nikmati 28 gram dark chocolate setiap hari. Dosis ini akan membuat pembuluh darah lebih elastis dan menambah pasokan kolesterol baik dalam tubuh. Bonusnya, kita bisa terbebas dari serangan jantung!


2. Buai diri dengan aroma lavender.

Sudah sejak berabad-abad lamanya, lavender dikenal dengan khasiatnya yang dapat menenangkan. Maka jangan heran jika ada masyarakat di beberapa negara yang memasukkan lavender ke dalam bantal atau kantung baju mereka sebagai aroma rahasia yang menenangkan.

Beberapa penelitian menyimpulkan, aroma lavender dapat menghilangkan lelah, sakit kepala, depresi, dan membuat tidur lebih lelap. Jadi, jangan lupa untuk memberikan aroma lavender di dalam kamar, beberapa saat sebelum tidur. Ini akan membuat kita mimpi indah.


3. Ciuman penuh cinta untuk orang tersayang.

Usai menghadapi berbagai meeting dengan klien dan bos, sesampainya di rumah, jangan lupa untuk memberikan kecupan manis kepada anak-anak dan ciuman mesra pada suami. Ciuman tak hanya akan membuat orang-orang di sekitar kita merasa dihargai, tapi juga membuat sistem imun tubuh kita dan mereka menjadi lebih kuat.


4. Lakukan menikur.

Merasa bingung bagaimana menikur bisa membuat kita rileks. Sadarkah kita, selama seharian bekerja, jari-jari seperti busy bees. Lincah menekan keypad komputer atau menulis berbagai agenda, menelepon, membersihkan perabot rumah, dan lain-lain. Bayangkan betapa banyak hal yang dikerjakan jemari kita dalam satu hari. Jadi, tak ada salahnya memberikan ‘bonus’ pada jemari yang telah bekerja keras itu.

Pergilah ke salon dan lakukan menikur. Sebenarnya menikur sama dengan memberikan pijatan dan sentuhan lembut pada jemari. Ini akan mengirimkan sensasi ketenangan pada otak yang kemudian membuat seluruh tubuh kita ikut rileks. Tak hanya itu, bagi Anda yang suka meriasi jemari, menikur akan memberikan rasa percaya diri. Karena jemari sudah tampil maksimal untuk ditampilkan ketika melakukan berbagai aktivitas.


5. Tontonlah film-film komendi.

Tertawalah, karena itu bagus untuk kesehatan! Penelitian membuktikan, tertawa dapat dengan mudah menghilangkan stres, menguatkan sistem imun tubuh, melancarkan peredaran darah, dan membuat tekanan darah tetap stabil. Tertawa juga membuat gula dalam darah tetap stabil serta melancarkan pencernaan. Jadi siapa bilang, tertawa hanya akan membuat wajah bebas kerutan. Lebih dari itu, tubuh akan sehat dengan kita tertawa.


6. Jangan lupa lakukan peregangan otot!

Kadang kala, bos membuat rapat dadakan yang membuat rutinitas olahraga kita berantakan. Jangan langsung putus asa dengan keadaan, tetap berikan tubuh kita rileksasi yang diinginkan. Caranya, lakukan peregangan otot. Gerakan-gerakan meliukkan tubuh bisa dengan mudah membuat otot-otot kita lebih fleksibel. Ini membuat gerakan dan sirkulasi tubuh lebih lentur, sehingga terbebas dari rasa pegal atau nyeri sendi.


7. Nikmati buah-buahan eksotis.

Sebagai orang yang tinggal di daerah tropis, kita harusnya merasa beruntung karena mudah sekali mendapatkan berbagai buah tropis seperti belimbing, lemon, dan mangga. Buah-buahan ini disebut sebagai buah eksotis karena membuat sensasi berbeda pada lidah. Plus, buah-buahan tersebut juga kaya antioksidan yang bisa menekan risiko penyakit jantung, diabetes, osteoporosis dan kanker.


8.Berbagi ceritalah dengan sahabat.

Sering kali kita lupa, cara paling mudah untuk menjaga kesehatan pikiran kita adalah dengan berbagi cerita dengan orang-orang penting dalam hidup kita. Sahabat adalah salah satunya.

Sahabat tak hanya akan membuat semua permasalahan hidup bisa dihadapi dengan mudah, tapi juga menyehatkan mental kita. Jika kesulitan untuk bertemu langsung dengan sahabat, siasati dengan meneleponnya sambil duduk santai di sofa dan mulailah berbagi cerita serta tawa. Ini akan membuat seluruh otot-otot kaku ikut rileks dan otak kembali segar karena oksigen serta aliran darah sudah kembali normal.

Ternyata mudah kan untuk menghapus stres. Jadi, masih mau diperdaya oleh stres?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar